Panduan Untuk Pembina Pramuka Penting!!!


PENGETAHUAN DASAR KEPRAMUKAAN

Panduan Untuk Pembina Pramuka Penting!!!
Panduan Untuk Pembina Pramuka Penting!!!
(1) Penggunaan Kiasan Dasar, sebagai salah satu unsur terpadu dalam Kepramukaan, dimaksudkan untuk mengembangkan imajinasi, sesuai dengan usia dan perkembangannya yang mendorong kreativitas dan keikutsertaan dalam kegiatan. Kiasan Dasar tidak hanya menarik, menantang, dan merangsang tetapi harus disesuaikan dengan minat, kebutuhan, situasi dan kondisi anggota muda dan anggota dewasa muda. 

(2) Kiasan Dasar disusun atau dirancang untuk mencapai tujuan, dan sasaran pendidikan dalam Kepramukaan untuk tiap golongan serta merupakan proses Metode Kepramukaan yang bersifat tidak memberatkan anggota muda dan anggota dewasa muda tetapi memperkaya pengalaman.

1.2. SISTEM AMONG
(1) Pendidikan dalam Gerakan Pramuka ditinjau dari hubungan antara pembina dengan anggota muda dan anggota dewasa muda menggunakan sistem among. 

(2) Sistem Among berarti mendidik anggota GerakanPramuka menjadi insan merdeka jasmani, rokhani, dan pikirannya, disertai rasa tanggungjawab dan kesadaran akan pentingnya bermitra dengan orang lain. 

(3) Sistem among mewajibkan anggota dewasa Gerakan Pramuka melaksanakan prinsip-prinsip kepemimpinan sebagai berikut: 
a. Ing ngarso sung tulodo maksudnya di depan menjadi teladan; 
b. Ing madyo mangun karso maksudnya di tengah membangun kemauan; 
c. Tut wuri handayani maksudnya dari belakang memberi dorongan dan pengaruh 

Download Buku Pegangan Pembina Pramuka

Demikian yang dapat admin bagikan mengenai Panduan Kepramukaan untuk Pembina dalam melaksanakan program pemerintah kepramukaan guna bertujuan untuk memupuk jiwa gotong royong dan jiwa sosial sesama manusia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel